Pelajaran….. Hmmm…..

Wah ngga kerasa yah kuliah Creativity and Innovation ini sudah selesai saja. Sungguh tak terasa waktu yang kurang lebih 6 bulan ini sudah berlalu. Bener-bener terasa cepet banget deh. Sampai-sampai ngga kerasa udah enam bulan saja. Kuliah ini terasa sangatlah cepat, sampai-sampai tidak sadar kalau sudah sampai di akhir kuliah. Rasa-rasanya sih baru bentar banget kuliah ini di mulai, eh ternyata sudah sampai di akhir kuliah aja. Sungguh waktu tak terasa…

Hehehe saya kira sudah cukup kata pengantar dari saya barusan. Yak, jadi kali ini saya akan menulis tentang hal-hal yang saya dapat setelah mengikuti kuliah creativity and innovation selama ini. Sesungguhnya, sebelum saya mengikuti kuliah ini, yang ada dibayangan saya adalah bahwa dengan kuliah ini saya bisa mengembangkan kreatifitas saya dalam hal seperti desain, menggambar, dan semacamnya. Karena hal-hal tersebut adalah dimana yang saya rasa kurang pada diri saya sendiri. Tetapiiiii, setelah mengikuti kuliah ini, ternyata bukanlah hal tersebut yang saya dapatkan. Melaikan hal lain yang ternyata juga sangat membantu mengembangkan kreatifitas saya.

Pelajaran yang saya dapat dari kuliah ini sebenarnya sangat banyak, tetapi intinya adalah kuliah ini sangat amat memberikan ilmu-ilmu baru yang dapat merubah pola pikir saya untuk menjadi lebih kreatif. Yang dulunya saya berfikir bahwa di dunia ini pasti ada batas-batas tertentu, pasti ada hal yang tidak mungkin menurut saya, sekarang saya sudah bisa berfikir bahwa semua itu mungkin, tidak ada hal yang tidak mungkin, hanya saja mungkin memang terwujudnya tidak bersamaan pada saat saya memikirkan suatu hal tersebut. Mungkin apa yang kita pikir tidak mungkin pada saat sekarang ini (tahun 2011), pasti nanti akan bisa terwujud suatu saat nanti (misal pada tahun 2020).

Selain itu, saya juga bisa lebih berfikir positif, dalam artian bawah dulu saya masih berfikiran untuk menentang apa yang dipikiran saya itu tidak mungkin, tetapi sekarang saya sudah bisa menerima hal-hal atau ide-ide yang aneh dan tidak masuk akal. Saya bisa berpandangan lebih luas lagi dan berimajinasi lebih. Saya pun juga terbantu untuk mengasah otak kanan saya. Melngeluarkan ide-ide baru walaupun sangat aneh, dan juga menggabungkan ide-ide saya tersebut, bahkan menggabungkan ide-ide orang lain dengan ide saya ataupun ide orang lainnya pula.

Dan pelajaran terakhir yang saya dapatkan dari kuliah creativity and innovation itu adalah bahwa sayapun bisa mengembangkan suatu bisnis. Dengan pelajaran bisnis model canvas, scamper method dan sebagainya, saya bisa mengembangkan bisnis-bisnis yang sudah ada agar bisa lebih maju lagi bahkan sayapun dapat mengembangkan bisnis model yang baru. Kuliah ini membantu saya dalam ilmu pengetahuan di dunia bisnis.

Yaa mungkin memang berbeda apa yang saya dapatkan dari kuliah ini dibangdingkan dengan harapan saya sebelumnya dari kuliah ini. Tetapi, ternyata kuliah ini memberikan manfaat yang melebihi dari ekspektasi saya sendiri. Pokoknya keren banget deh nih kuliahnya.. Makasih ya buat Pak Agus Nggermanto, atau yang biasa dipanggil Pak Apiq. Hehehe. Sekian.

GameGOD

GameGOD ini adalah bisnis yang menjual berbagai macam games khususnya untuk komputer, laptop, dan gadget lainnya yang mirip seperti tablet, telepon genggam dsb yang berbasis online. Kelebihan dari bisnis ini adalah penjualan games asli yang resmi dari publishernya yang bisa didownload langsung ke komputer kita. Saat ini, setahu saya, game-game computer tidak dijual secara online, game-game yang dimaksud disini adalah game-game besar yang mendunia seperti Call of Duty, Battlefield, dan semacamnya, yang dimana game-games tersebut sangatlah banyak dimainkan oleh orang-orang diseluruh dunia. Sampai saat ini, games-games tersebut hanya dijual dalam bentuk CD, DVD, ataupun Blu-ray Disc. Oleh karena itu orang-orang terbatas untuk membeli games-games tersebut karena sulit untuk mencari game tersebut yang original di toko-toko komputer, khususnya di Indonesia.

Untuk mensupport bisnis ini, diperlukanlah kerjasama dengan game developer besar di seluruh dunia agar bisa mendapatkan lisensi atau izin untuk menjual game melalui online. Dengan adanya kerjasama yang baik, maka bisnis ini akan didukung oleh game developer tersebut dan juga otomatis game yang dijual itu adalah game asli (original), bukan game bajakan. Dengan begitu, banyak orang-orang yang bisa mendownload game-game kesukaan mereka kapanpun dan dimanapun mereka berada karena akses internet sudah mencapai kemana-mana. Kita tidak lagi sulit untuk mencari-cari game yang kita suka ke toko-toko game komputer di kota kita berada. Tentu saja game ini tidaklah dijual dengan gratis karena ini adalah game asli. Untuk para gamers sejati, mereka akan rela untuk membayar demi mendapatkan game original kesukaan mereka. Maka dari itu, manfaat lain dari bisnis ini adalah bisa mengurangi tingkat kejahatan pembajakan game di dunia. Karena, jujur saja, saya adalah orang yang suka bermain game, dan untuk mencari game-game baru, saya harus pergi ke toko game computer dan saya sangat amat jarang sekali menemukan game computer yang original. Oleh karena itu saya terpaksa membeli yang bajakan.

Yaa cukup sekian Digital business yang menarik bagi diri saya pribadi. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat Business Modelnya untuk GameGOD ini. Terima kasih.

Cerita Sendiri Untuk Mengingat Sendiri

Di Planet Bumi ada seorang ratu yang penasaran dengan orang yang bernama Muhammad, karena Muhammad sudah menjadi terkenal banget. Kemudian, ratu itu menyuruh Isaac Newton untuk pergi ke gua untuk mencari Muhammad. Disana si Isaac justru malah makan Iga sama si Jesus Christ. Dan sesungguhnya gua itu adalah tempat si Buddha untuk bersemedi.

Beberapa jam kemudian temennya si ratu, Confucius, menerima surat dari St. Paul untuk senam bareng-bareng. Lalu mereka mencoba menghubungi Tsai Lun untuk memesan Baju senam. Lalu Johann Gutenberg mengantar baju itu naik mobil sambil balapan.

Christoper Colombus juga ikutan nganter sambil makan cemilan diperjalanan. Selain mereka berdua, masih ada orang lain yang ikutan nganter, yaitu juga ada Albert Einstein yang sudah menjadi sesepuh, Louis Pasteur yang lagi sebel, dan juga ada Galileo Galilei yang dobel sebelnya gara gara disuruh ikut nganter.

Di sisi lain, ada Aristotle yang lagi makan nasi timbel bersama Euclid yang sedang membuat tabel tentang perkembangan bisnisnya si Moses yang punya bisnis mebel. Tentunya si Moses dibantu juga oleh Charles Darwin untuk menambal mebel-mebelnya yang berlubang.

Rumahnya Shin Huang Ti sekarang ini lagi berjubel-jubel. Ada August Caesar yang lagi ngasih label di barang-barangnya si Huang Ti. Sedangkan Nicolaus Copernicus lagi beli sambel kepasar dan Antoine Laurent lagi siap-siap di dapur buat makan siang mereka semua.

Pak Budi Raharjo

Pada hari Selasa yang lalu banget, pas kuliah Creativity and Inovation, ada tamu yang menjadi pembicaran pada pertemuan saat itu. Namanya adalah Pak Budi Raharjo. Beliau itu adalah seorang hacker yang sangat hebat banget.. Hmm tapi hacker yang dimaksud disini bukanlah hacker yang negatif, melainkan hacker yang positif. Beliau adalah hacker yang disewa oleh perusahaan bank besar untuk membobol sistem keamana dari perusahaan itu sendiri. Disewa, berarti dibayar lhooo.. Nah beliau juga merupakan salah satu orang penggagas dari World Wide Web atau yang biasa kita kenal dengan www. Hebat banget kan beliau. Nah penasaran ngga sih kenapa beliau bisa jadi orang hebat kayak gitu..

Di pertemuan kali ini, beliau bercertia tentang pengalaman dan pelajaran yang beliau dapat dari perjalanan hidupnya. Jadi pelajaran pertama yang bisa saya ambil dari beliau adalah kita harus bisa menjadi orang yang pantang menyerah. Jadi ternyata itu beliau sering gagal dalam menjalankan bisnis-bisnis terdahulunya, tapi beliau tetap berusaha dan tidak menyerah. Lagi pula, menurut pengalaman beliau, investor pun cenderung memilih orang yang sudah pernah gagal karena dianggap sudah berpengalaman. Dan yang juga penting menurut beliau adalah kita jangan pernah bekerja karena kita ingin menjadi kaya.

Kemudian, pelajaran yang bisa diambil dari beliau adalah kita harus bisa banyak-banyak menulis dengan bahasa Indonesia. Karena dengan menggunakan bahasa Indonesia, maka orang-orang Indonesia tidaklah perlu untuk mencari informasi sampai ke luar negri. Tentunya kita menulis hal-hal yang mempunyai konten positif. Dengan kita memperbanyak konten positif, maka di Indonesia akan menjadi lebih banyak informasi yang positif dibandingkan dengan yang negatif.

Dan pelajaran terakhir yang saya dapat dari beliau adalah bahwa banyak orang yang terlalu membesar-besarkan orisinalitas. Sebenarnya hal itu tidak baik karena kita semua pasti sudah mendapatkan inspirasi dari suatu hal lain yang sudah ada dari orang lain. Tetapi, yang lebih penting adalah bagaimana kita membuat suatu hal tersebut menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sesungguhnya hanya itu saja yang saya bisa ambil langsung dari Pak Budi Raharjo, tetapi, ada pelajaran lain yang bisa saya temukan dari diri beliau meskipun tidak beliau sampaikan secara langsung. Yaitu adalah bagaimana kita tetap senang dengan apa yang semua kita lakukan. Kita semua tau bahwa dari pengalaman beliau, beliau sering sekali mengalami kegagalan. Tetapi beliau menceritakan pengalaman tersebut dengan senang, bukan dengan ekspresi yang sedih. Hal tersebut menunjukkan bahwa beliau selalu senang dengan hal yang telah ia lakukan.

Berkreasi dan Berinovasi

MAHASISWA, pada saat kita menjadi mahasiswa, sesungguhnya pada saat itulah yang dapat memberikan kepada kita kesempatan untuk dapat berkreasi dan berinovasi lebih banyak dibandingkan masa-masa sebelumnya maupun masa sesudahnya. Mengapa demikian? Karena, disaat itulah dimana kita bisa bebas beraktivitas sesuka hati kita. Apalagi kalau kita tinggal jauh dari rumah kita, yang dapat membuat kita lebih bisa ‘hidup bebas’, yang bisa juga dibilang dengan ‘hidup mandiri’ hehehe.

Pada saat menjadi mahasiswa, kita bisa menentukan mata kuliah yang kita inginkan sendiri, walaupun masih ada mata kuliah wajib yang perlu diambil. Tapi, tetap saja, kita bisa memilih mata kuliah yang sangat kita sukai atau yang sangat menarik bagi kita. Apabila kita sudah mengambil mata kuliah kesukaan kita, tentu saja disana kita bisa mengeksplor lebih lanjut dari diri kita sendiri dan juga kita bisa senang dalam menjalankan kuliahnya. Kalau kita senang, kita bisa menjadi lebih kreatif lagi kalau menurut saya. Tetapi, bagi mereka yang tidak mengambil mata kuliah kesukaan mereka, hal tersebut juga bisa memerikan dampak baik kepada kita dalam hal berkreasi ataupun berinovasi. Mengapa? Karena mereka itu bisa mendapatkan pengalaman baru, informasi baru, dan hal-hal yang baru bagi mereka. Dengan banyaknya hal yang baru, tentu saja itu memberikan kita suatu imajinasi-imajinasi atau pemikiran-pemikiran baru yang bisa membantu kita dalam hal berkreasi dan juga berinovasi. Menurut saya, akan lebih banyak peluang bagi mereka yang mencari sesuatu yang baru daripada mereka yang hanya mencari apa yang mereka suka.

Selain tentang memilih mata kuliah, kita juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreasi kita dan inovasi kita dalam hal bergaul. Pada saat menjadi mahasiswa, sesungguhnya kita juga dapat menemukan teman-teman baru di lingkungan baru itu. Dengan menambah teman-teman, kita juga akan mendapat banyak pandangan baru dari teman baru kita, karena pendapat dan pandangan orang itu berbeda-beda. Dengan demikian, otomatis dapat memberikan inspirasi baru dan pemikiran baru kepada kita. Luasnya pengetahuan sangat dapat membantu kita dalam hal berkreasi dan berinovasi dong tentunya. Dengan banyak bergaul dengan orang lain, dapat melatih kita dalam hal kretif berkomunikasi, yang merupakan salah satu dari lima level kreatif. Kita perlu memperhatikan juga lingkungan baru disekitar kita. Dengan observasi yang cukup tajam, kita akan menemukan banyak hal yang unik, aneh, dan menarik bagi kita sendiri dan bisa menjadi bahan untuk berimajinasi dan meluangkan ide-ide kita dalam berkreasi dan berinovasi.

Kemudian kesempatan yang lain adalah dalam hal mencari kegiatan pribadi kita. Banyak sekali berbagai jenis kegiatan yang terdapat di kampus kita lho. Dari kegiatan olahraga sampai kegiatan agama pun ada. Kita harus bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan tersebut. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, kalau banyak, bisa membuat kita jadi sibuk. Kalau sibuk, kita bisa meningkatkan kemampuan manajemen kita. Lagi pula, dengan berbagai macam kesibukan tersebut kita juga bisa mengalami banyak hal baru dan juga bisa mendapat banyak pengetahuan yang baru juga, yaa kalau dihubungkan dengan paragraf-paragraf sebelumnya, ujung-ujungnya bisa buat kita jadi lebih kreatif dalam berkreasi dan berinovasi hehehe. Selain itu juga ada kegiatan yang diluar kampus juga. Seperti jalan-jalan kesana-kemari, nonton bioskop, bermain, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat melatih kita dalam berkreasi dan berinovasi. Asalkan kita peka terhadap lingkungan sekitar kita. Dengan adanya kesibukan tersebut, kita juga bisa berlatih berinovasi dalam hal proses inovasi. Kita bisa mengembangkan proses dalam penyususnan kegiatan-kegiatan kita ataupun dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

 

Hmm kalau bicara TENTANG MASALAH, menurut saya, masalah-masalah yang menjadi hambatan para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi hanya satu, yaitu mahasiswanya itu sendiri (pribadi masing-masing mahasiswa). Jawaban itu saya dapat dari pengalaman dan pengamatan saya sendiri. Banyak sekali mahasiswa yang terhambat dalam berkreasi maupun berinovasi. Karena pandangan dan pendapat mereka sendiri. Selain itu, sikap mereka yang tidak ingin bertindak atau tidak ingin berbuat sesuatu pun merupakan masalah yang cukup besar dalam menghambatnya berkreasi dan berinovasi. Sebagai contoh, saya mempunyai pikiran bahwa saya tidak suka pelajaran finance karena banyak hitung-hitungan yang rumitnya. Dengan pikiran yang seperti itu, tentunya akan membuat saya untuk tidak menyentuh pelajaran-pelajaran finance. Padahal, jika kita bisa berfikir dengan pandangan yang berbeda, sebagai contoh, saya mempunyai pikiran bahwa finance memang susah, tetapi dicoba dulu saja deh, siapa tau saya todal buta finvance lagi, yang lalu akhirnya saya mencoba untuk mempelajari finance. Dengan saya mencoba untuk mempelajari finance, maka saya bisa mendapat pengetahuan dan pandangan baru, yang bisa menambah wawasan saya dan tentunya ide-ide untuk berkreasi dan berinovasi. Nah, tindakan saya untuk mencoba mempelajari finance bersumber dari pemikiran saya dan pandangan saya terhadap pelajaran finance tersebut. Apabila pikiran saya sudah menolak sesuatu yang baru atau sesuatu yang asing (pemikiran negative) maka dapat menyebabkan saya untuk tidak melakukan tindakan yang baru. Hal tersebutlah  yang saya maksud sebagai sumber masalah terhambatnya mahasiswa dalam berkreasi dan berinovasi.

 

SOLUSI dari masalah tersebut adalah kita harus bisa membuka diri lagi, membuka pikiran, dan membuka pandangan kita lebih luas lagi. Dengan begitu, kita bisa menerima lebih banyak lagi hal-hal baru lagi. Dari kuliah creativity and innovation, saya mendapatkan pelajaran bahwa orang-orang kreatif adalah orang-orang yang bisa menerima semua ide. Maka dari itu, apabila kita sudah bisa membuka diri kita, menerima seluruh ide-ide orang lain, pendapat-pendapat orang lain, kita pasti bisa menjadi orang yang kreatif dalam berkreasi dan berinovasi. Selain membuka diri, kita juga harus bisa bertindak. Percuma saja apabila kita sudah menerima seluruh ide yang ada, lalu kita mendapatkan suatu ide baru dari ide-ide tersebut, tetapi kita tidak bertindak untuk melakukan ide baru tersebut. Apabila kita tidak bertindak, maka tidak akan bisa kita berkreasi dan berinovasi. Dengan teori The World is Flat, yang salah satunya adalah cepatnya perkembangan teknologi, maka akan semakin mudah lagi bagi kita untuk berkreasi dan juga berinovasi. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan yang pesat ini untuk menggali lagi ide-ide atau pengetahuan-pengetahuan yang baru dan luar biasa agar kita bisa menjadi orang yang lebih kreatif dan inovatif🙂