Creating Creative Business

Halo lagi dan lagi-lagi kita berjumpa. Hhmmm sekitar kurang lebih seminggu yang lalu, saya mengikuti salah satu acara dari Akademi Berbagi gitu di kampus ITB, Bandung. Nah topiknya waktu itu adalah “Creating Creative Business” dan yang menjadi pembicaranya adalah Pak Ridwan Kamil. Beeghh mantap.

Nah sekarang, saya ingin mencoba berbagi ilmu yang telah saya dapat dari acara itu. Oke. Sekarang ini, bisnis-bisnis sudah berbasis Ide. Jadi, banyak sekali bentuk bisnis-bisnis yang mucul karena didasari oleh suatu ide. Nah di US, saat ini sudah lebih dari 30% dari seluruh workforce masuk kedalam kelas kreatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa bermanfaatnya sifat kreatif di kehidupan kita ini.

Mungkin langsung aja kita masuk ke sifat-sifat yang perlu kita miliki untuk menjadi entrepreneur yang kreatif. Yang pertama adalah Innovative, kita harus bisa berfikir dan berinovasi out of the box. Kedua yaitu Risk Taker. Kita harus bisa berani mengambil resiko, karena dengan berani mengambil resiko, maka hidup kita akan terasa lebih berwanra dan bervariasi. Tetapi,tidak lupa kalau kita juga perlu mengkalkulasi resiko-resiko tersebut. Jangan asal ngambil resiko aja tanpa memperhitungkannya. Ketiga yaitu Visionary, kita harus bisa menetapkan tujuan-tujuan yang akan kita capai. Keempat adalah Strong Leadership. Kita juga harus bisa menjadi pemimpin yang kuat, bisa memberikan contoh yang baik dan bisa memotivasi orang. Yang kelima adalah Problem Solver, kita harus benar-benar tahu masalah yang kita hadapi, dan kita harus benar-benar tahu bagaimana caranya untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut dan tetap mencapai tujuan kita. Dan yang terakhir adalah Agent of Change. Yang dimaskudkan disini adalah kita harus bisa menjadi salah satu orang yang membawa suatu perubahan dan perkembangan baik kepada dunia.

Nah untuk memulai bisnis kreatif kita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Observe ( bisa dengan social media, baca buku, traveling)
  2. Select
  3. Think Different
  4. Make Plan
  5. Scalable
  6. Design/Technology
  7. Networking
  8. Innovative Marketing

Tidak lupa untuk menggunakan imajinasi kita dan tidak meremehkan kekuatan imajinasi itu sendiri. Karena kreatif timbul dari imajinasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s