Negara yang Kreatif

Halo lagi.. nah sekarang saya coba mau bahas tentang negara yang paling kreatif. Menurut saya, negara yang paling kreatif adalah……. INDONESIA. Wow. Kenapa gitu? Ya soalnya kan kalo menurut saya, di Indonesia itu semuanya serba ada. Coba nih ya, barang apa yang ngga bisa dibuat sama Indonesia? Kayaknya ngga ada deh. Semua barang tuh bisa dibuat sama Indonesia sendiri. Yaaa walaupun itungannya ‘niru’ barang negara lain. Tapi tetep aja. Indonesia bisa niru suatu barang sampe bisa jadi persis kayak barang aslinya. Ya walaupun kualitasnya beda. Tapi itu nunjukin kalo Indonesia bisa buat apa aja dari barang-barang yang mereka punya (maksudnya barang-barang yang mereka punya tuh kayak bahan dasarnya gitu). Indonesia ngga punya bahan-bahan dasar yang berkualitas tinggi seperti negara lainnya. Tapi ujung-ujungnya Indonesia juga bisa buat barang yang sama.. ya kan?

Nah waktu itu saya juga pernah ngobrol-ngobrol sama temen saya, selain produk, ada lagi yang menunjukkan kalo Indonesia itu kreatif. Yaitu dari mata pencaharian penduduknya. Coba, di negara mana lagi yang bisa nemuin ojeg? Dari ojeg motor sampe ojeg payung, terus ada juga joki 3in1. Wah pokoknya banyak deh pekerjaan-pekerjaan yang aneh di Indonesia ini. Saya lagi lupa pekerjaan apa lagi, tapi pokoknya banyak deh. Nah kalo ada yang tau, boleh dikasih tau ke saya ya biar saya juga tau hahahha. Selain itu juga, marketingnya penjual-penjual kaki lima dari Jakarta sampe ke seluruh Indonesia pasti sama. Dari pedagan sate padang.. yang kalo jualan suaranya khas banget tuh. Terus tukang sol sepatu, tukang minyak juga. mau dimana-mana, mau siapa aja yang jual pasti suaranyanya sama dah tuh mereka kalo lagi jualan. Hebat banget kan tuh.

Yah memang masih banyak lagi hal-hal yang menunjukkan kalau Indonesia adalah negara yang kreatif, tapi sayang, kreatifnya itu belumlah selalu kreatif yang positif ataupun kreatif yang dapat membangun negaranya sendiri itu. Ya mungkin kali ini saya Cuma membahas kalau sebenarnya Indonesia itu juga kreatif lhoo.. Jadi kita jangan terlalu merendahkan negara kita ini juga.. kita juga harus bisa memanfaatkan kekreatifan negara kita ini kearah yang lebih positif dan bisa membangun Indonesia.

Leave a Reply

