Pelajaran….. Hmmm…..

Wah ngga kerasa yah kuliah Creativity and Innovation ini sudah selesai saja. Sungguh tak terasa waktu yang kurang lebih 6 bulan ini sudah berlalu. Bener-bener terasa cepet banget deh. Sampai-sampai ngga kerasa udah enam bulan saja. Kuliah ini terasa sangatlah cepat, sampai-sampai tidak sadar kalau sudah sampai di akhir kuliah. Rasa-rasanya sih baru bentar banget kuliah ini di mulai, eh ternyata sudah sampai di akhir kuliah aja. Sungguh waktu tak terasa…

Hehehe saya kira sudah cukup kata pengantar dari saya barusan. Yak, jadi kali ini saya akan menulis tentang hal-hal yang saya dapat setelah mengikuti kuliah creativity and innovation selama ini. Sesungguhnya, sebelum saya mengikuti kuliah ini, yang ada dibayangan saya adalah bahwa dengan kuliah ini saya bisa mengembangkan kreatifitas saya dalam hal seperti desain, menggambar, dan semacamnya. Karena hal-hal tersebut adalah dimana yang saya rasa kurang pada diri saya sendiri. Tetapiiiii, setelah mengikuti kuliah ini, ternyata bukanlah hal tersebut yang saya dapatkan. Melaikan hal lain yang ternyata juga sangat membantu mengembangkan kreatifitas saya.

Pelajaran yang saya dapat dari kuliah ini sebenarnya sangat banyak, tetapi intinya adalah kuliah ini sangat amat memberikan ilmu-ilmu baru yang dapat merubah pola pikir saya untuk menjadi lebih kreatif. Yang dulunya saya berfikir bahwa di dunia ini pasti ada batas-batas tertentu, pasti ada hal yang tidak mungkin menurut saya, sekarang saya sudah bisa berfikir bahwa semua itu mungkin, tidak ada hal yang tidak mungkin, hanya saja mungkin memang terwujudnya tidak bersamaan pada saat saya memikirkan suatu hal tersebut. Mungkin apa yang kita pikir tidak mungkin pada saat sekarang ini (tahun 2011), pasti nanti akan bisa terwujud suatu saat nanti (misal pada tahun 2020).

Selain itu, saya juga bisa lebih berfikir positif, dalam artian bawah dulu saya masih berfikiran untuk menentang apa yang dipikiran saya itu tidak mungkin, tetapi sekarang saya sudah bisa menerima hal-hal atau ide-ide yang aneh dan tidak masuk akal. Saya bisa berpandangan lebih luas lagi dan berimajinasi lebih. Saya pun juga terbantu untuk mengasah otak kanan saya. Melngeluarkan ide-ide baru walaupun sangat aneh, dan juga menggabungkan ide-ide saya tersebut, bahkan menggabungkan ide-ide orang lain dengan ide saya ataupun ide orang lainnya pula.

Dan pelajaran terakhir yang saya dapatkan dari kuliah creativity and innovation itu adalah bahwa sayapun bisa mengembangkan suatu bisnis. Dengan pelajaran bisnis model canvas, scamper method dan sebagainya, saya bisa mengembangkan bisnis-bisnis yang sudah ada agar bisa lebih maju lagi bahkan sayapun dapat mengembangkan bisnis model yang baru. Kuliah ini membantu saya dalam ilmu pengetahuan di dunia bisnis.

Yaa mungkin memang berbeda apa yang saya dapatkan dari kuliah ini dibangdingkan dengan harapan saya sebelumnya dari kuliah ini. Tetapi, ternyata kuliah ini memberikan manfaat yang melebihi dari ekspektasi saya sendiri. Pokoknya keren banget deh nih kuliahnya.. Makasih ya buat Pak Agus Nggermanto, atau yang biasa dipanggil Pak Apiq. Hehehe. Sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s