Inovasi Terpenting Bagi Kehidupan Saya

Inovasi yang paling penting bagi saya adalah inovasi proses, yang merupakan salah satu dari 4 tipe inovasi. Mengapa begitu? Menurut saya, dengan adanya inovasi proses, kita bisa mengoptimalkan bagaimana cara kita melakukan suatu hal. Banyak sekali aktivitas-aktivitas yang kita lakukan dengan berulang-ulang. Dengan menginovasi proses kita dalam melakukan suatu hal tersebut, maka kita bisa membuang hal-hal yang tidak perlu pada saat kita melakukan suatu hal tersebut.

Hmm mungkin agak sedikit ga jelas kali ya penjelasan saya. Oke deh, saya coba berikan contoh. Nih, misalkan saja pada kasus kita berangkat ke sekolah, ke kampus, atau ke kantor sehari-hari. Mungkin biasanya kita membutuhkan waktu dari 30 sampai dengan 60 menit untuk mempersiapkan diri untuk berangkat. Tetapi, pada saat kita sudah telat bangun da nada kemungkinan terlambat dating ke kampus atau sekolah ataupun kantor, kita bisa saja mempersiapkan diri sampai kurang dari 15 menit untuk berangkat. Dalam proses tersbut, kita telah bisa mengesampingkan suatu hal yang kurang perlu atau kurang penting dalam mempersiapkan diri untuk berangkat. Apabila kita tidak berinovasi dalam kasus tersebut, saya yakin kita smua bisa terlambat hadir di kampus, sekolah, ataupun kantor. Mudah-mudahan contoh tersebut sudah cukup menunjukkan bagaimana suatu inovasi proses sangat penting bagi kita.

Kreatif, Tokoh, Perusahaan

Mengapa kita perlu kreatif?

Hmm emang sih kreatif itu penting. Dari dulu saya sudah menyadari hal tersebut, tapi, ternyata kreatif itu lebih penting dari yang saya kira dulu. Ternyata kreatif itu penting banget. Kenapa begitu, soalnya sekarang ini manusia makin banyak jumlahnya, nah kalau kita ngga kreatif, kita bisa dibilang sama dengan orang lain, tidak ada bedanya. Yaa secara kasar bisa dibilang begitu kalau menurut saya. Kreatif itu bisa bikin jalan hidup kita menjadi lebih berwarna, dan seru deh pokoknya, bisa nemuin pengalaman yang bervariasi. Kalo kita tidak kreatif, itulah yang bikin hidup kita datar-datar aja, bisa bikin bosen hidup tuh kalau tidak kreatif hahah. Dengan kreatif, bisa melakukan 1 hal yang sama, dengan berbagai cara dari A sampai Z. Ibaratnya kayak matematika, gimana caranya kita dapet hasil = 1. Itu kan bisa dari 0 + 1, bisa dari 1 x 1, bisa dari 25 – 24, bisa dari -4 + 5, bisa dari 12, dan macem-macem lagi deh tuh supaya kita bisa dapetin hasil yang = 1, tidak cuma 2-1 doang kan. Nah hal-hal yang begitu tuh bisa buat hidup kita lebih bervariasi. Selain itu, dengan kreatif, kita bisa sukses dimasa depan kita sendiri. Kalau menurut saya, orang yang pendidikannya tinggi banget, belom tentu bisa lebih suskses dari pada orang yang pendidikannya biasa-biasa aja, tapi dia kreatif banget. Soalnya, bener kata Pak Ridwan Kamil, dari post saya yang sebelum ini, beliau bilang kalau sekarang ini bisnis sudah berbasis ide. Terus, kreatif bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang unik. Wah pokoknya kreatif itu penting deh buat kita-kita semua.

Siapa tokoh paling kreatif?

Hmm… ngomong-ngomong tentang tokoh yang paling kreatif, kalo menurut saya, si Rowan Atkinson tuh salah satu tokoh yang paling kreatif deh. Kita bisa lihat dari karakter Mr. Bean yang diciptakan oleh beliau. Karakter ini sangatlah unik dan kelakuannya yang konyol dan bodoh ini menunjukkan hal-hal yang sebenarnya masuk diakal manusia dan wajar-wajar saja. Bahkan karakter tersebut bisa juga menginspirasi kita semua. Sebagai contoh, pada episode yang dia berbelanja ke super market, pada saat dia ingin membeli pisau pengupas kulit buah, dia tidak ragu-ragu untuk mencoba pisaunya dengan menggunakan buah yang sudah dibawanya dari rumah. Nah, siapa coba yang melakukan hal tersebut? Saya pikir tidak ada. Yah memang itu sebuah hal yang lucu, tetapi ya kalau kita mau coba pisau itu bagus atau tidak ya harus dicoba disaat itu juga bukan? Apabila kita mencobanya di rumah pada saat pulang, kalau saja pisau itu ternyata tumpul, kita tidak bisa lagi menukar barang tersebut, dan bisa saja kita mengeluarkan uang extra untuk membeli yang baru. Ya masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan oleh Mr. Bean yang bisa mengibur kita tetapi juga membuat kita untuk berfikir kembali tentang tindakan yang dilakukannya tersebut. Nah, mungkin temen-temen bisa coba inget-iget lagi deh filmnya Mr. Bean. Mudah-mudahan sih bisa ngeliat sisi kreatifnya dari si Rowan Atkinson dan bisa terhibur. Saya aja sampe sekarang masih inget film-film Mr. Bean dan masih suka ketawa juga kalo nonton filmnya hahahaha.

Perusahaan paling kreatif?

Kalau perusahaan yang paling kreatif…. Oiya ada nih, sebuah perusahaan yang menurut saya kreatif. Nama perusahaannya PT. Cipta Visi Sinar Kencana (Kencana Online). Nah bisnis perusahaan ini tuh berurusan sama yang namanya sampah, khususnya sampah organik. Sampah dimana-mana udah menumpuk dan semakin menumpuk, dan orang-orang pun mulai peduli terhadap kehadiran sampah ini. Banyak organisasi-oraganisasi yang mengunkapkan gerakan-gerakan go green gitu-gitu. Terus mulai banyak orang-orang yang mengurangi konsumsi sampah-sampah yang anorganik seperti sampah plastik dan sebagainya, akibatnya volume sampah anorganik pun berkurang dan volume sampah organic bertambah. Bertambahnya volume sampah organic tersebut tidaklah membawa dampak positif saja. Tetapi juga menambahkan dampak yang negatif, apabila sampah tersebut tidak kita kelola dengan baik. Sampah organik kalo ngga dikelola dengan baik, itu kalau menumpuk, buset, baunya bisa jadi kelewatan brooo.. naujubilaminjaalik dah tuh bau sampahnya. Amit-amit! Ih! Kacau! Parah dah baunya… ya kan? Terus, itu juga bisa jadi sumber kuman dan penyakit. Bisa jadi sarang nyamuk, lalet, bakteri, dan lain-lain. Kita bisa lihat kan kalo sebenernya itu yang perlu diperhatikan adalah sampah-sampah organik tersebut. Kalau sampah yang anorganik itu udah terorganisir. Sudah banyak pemulung yang mengumpulkan sampah tersebut dan banyak perusahaan yang menggunakan sampah anorganik untuk diolah kembali dan dijadikan sebagai bahan dasar dari produknya. Kalau sampah organik, siapa coba yang mau ngurusin bau busuk sampah yang amit-amit. Pasti sedikit banget tuh. Nah perusahaan ini lah salah satu perusahaan yang bisnisnya tuh dari sampah-sampah organic tersebut. Mereka sangatlah cerdik dan baik dalam menglihat peluang ini. Mereka udah punya alat-alat, teknik-teknik, bahkan sampe bakteri-bakteri yang diperlukan untuk mengolah sampah-sampah organic tersebut. Ya memang betul sih, orang-orang kan protes sama sampah kebanyakan gara-gara baunya yang tidak enak. Nah bau yang tidak enak itu ya timbul dari sampah yang organi itu kan. Kita banyak yang peduli terhadap pengurangan penggunaan sampah-sampah anorganik biar ngga mencemari dunia, tapi kalau kita tidak mengelola sampah yang organic dengan baik, justru bisa bakal lebih parah mencemari lingkungan kita.

Creating Creative Business

Halo lagi dan lagi-lagi kita berjumpa. Hhmmm sekitar kurang lebih seminggu yang lalu, saya mengikuti salah satu acara dari Akademi Berbagi gitu di kampus ITB, Bandung. Nah topiknya waktu itu adalah “Creating Creative Business” dan yang menjadi pembicaranya adalah Pak Ridwan Kamil. Beeghh mantap.

Nah sekarang, saya ingin mencoba berbagi ilmu yang telah saya dapat dari acara itu. Oke. Sekarang ini, bisnis-bisnis sudah berbasis Ide. Jadi, banyak sekali bentuk bisnis-bisnis yang mucul karena didasari oleh suatu ide. Nah di US, saat ini sudah lebih dari 30% dari seluruh workforce masuk kedalam kelas kreatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa bermanfaatnya sifat kreatif di kehidupan kita ini.

Mungkin langsung aja kita masuk ke sifat-sifat yang perlu kita miliki untuk menjadi entrepreneur yang kreatif. Yang pertama adalah Innovative, kita harus bisa berfikir dan berinovasi out of the box. Kedua yaitu Risk Taker. Kita harus bisa berani mengambil resiko, karena dengan berani mengambil resiko, maka hidup kita akan terasa lebih berwanra dan bervariasi. Tetapi,tidak lupa kalau kita juga perlu mengkalkulasi resiko-resiko tersebut. Jangan asal ngambil resiko aja tanpa memperhitungkannya. Ketiga yaitu Visionary, kita harus bisa menetapkan tujuan-tujuan yang akan kita capai. Keempat adalah Strong Leadership. Kita juga harus bisa menjadi pemimpin yang kuat, bisa memberikan contoh yang baik dan bisa memotivasi orang. Yang kelima adalah Problem Solver, kita harus benar-benar tahu masalah yang kita hadapi, dan kita harus benar-benar tahu bagaimana caranya untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut dan tetap mencapai tujuan kita. Dan yang terakhir adalah Agent of Change. Yang dimaskudkan disini adalah kita harus bisa menjadi salah satu orang yang membawa suatu perubahan dan perkembangan baik kepada dunia.

Nah untuk memulai bisnis kreatif kita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Observe ( bisa dengan social media, baca buku, traveling)
  2. Select
  3. Think Different
  4. Make Plan
  5. Scalable
  6. Design/Technology
  7. Networking
  8. Innovative Marketing

Tidak lupa untuk menggunakan imajinasi kita dan tidak meremehkan kekuatan imajinasi itu sendiri. Karena kreatif timbul dari imajinasi.

Negara yang Kreatif

Halo lagi.. nah sekarang saya coba mau bahas tentang negara yang paling kreatif. Menurut saya, negara yang paling kreatif adalah……. INDONESIA. Wow. Kenapa gitu? Ya soalnya kan kalo menurut saya, di Indonesia itu semuanya serba ada. Coba nih ya, barang apa yang ngga bisa dibuat sama Indonesia? Kayaknya ngga ada deh. Semua barang tuh bisa dibuat sama Indonesia sendiri. Yaaa walaupun itungannya ‘niru’ barang negara lain. Tapi tetep aja. Indonesia bisa niru suatu barang sampe bisa jadi persis kayak barang aslinya. Ya walaupun kualitasnya beda. Tapi itu nunjukin kalo Indonesia bisa buat apa aja dari barang-barang yang mereka punya (maksudnya barang-barang yang mereka punya tuh kayak bahan dasarnya gitu). Indonesia ngga punya bahan-bahan dasar yang berkualitas tinggi seperti negara lainnya. Tapi ujung-ujungnya Indonesia juga bisa buat barang yang sama.. ya kan?

Nah waktu itu saya juga pernah ngobrol-ngobrol sama temen saya, selain produk, ada lagi yang menunjukkan kalo Indonesia itu kreatif. Yaitu dari mata pencaharian penduduknya. Coba, di negara mana lagi yang bisa nemuin ojeg? Dari ojeg motor sampe ojeg payung, terus ada juga joki 3in1. Wah pokoknya banyak deh pekerjaan-pekerjaan yang aneh di Indonesia ini. Saya lagi lupa pekerjaan apa lagi, tapi pokoknya banyak deh. Nah kalo ada yang tau, boleh dikasih tau ke saya ya biar saya juga tau hahahha. Selain itu juga, marketingnya penjual-penjual kaki lima dari Jakarta sampe ke seluruh Indonesia pasti sama. Dari pedagan sate padang.. yang kalo jualan suaranya khas banget tuh. Terus tukang sol sepatu, tukang minyak juga. mau dimana-mana, mau siapa aja yang jual pasti suaranyanya sama dah tuh mereka kalo lagi jualan. Hebat banget kan tuh.

Yah memang masih banyak lagi hal-hal yang menunjukkan kalau Indonesia adalah negara yang kreatif, tapi sayang, kreatifnya itu belumlah selalu kreatif yang positif ataupun kreatif yang dapat membangun negaranya sendiri itu. Ya mungkin kali ini saya Cuma membahas kalau sebenarnya Indonesia itu juga kreatif lhoo.. Jadi kita jangan terlalu merendahkan negara kita ini juga.. kita juga harus bisa memanfaatkan kekreatifan negara kita ini kearah yang lebih positif dan bisa membangun Indonesia.

Nama ?

Halo halo, nama saya Muhammad Hadyan Praharsa. Ini pertama kalinya lho saya nulis di blog hahaha. Mmmh mungkin buat pertama kalinya, saya coba bahas diri saya sendiri deh. Yaaaa, saya coba mulai dengan arti dari nama saya sendiri. Sebetulnya, saya sendiri pun sampai sekarang belum tahu pasti arti dari nama saya sendiri. Tapi, kalo saya coba browsing-browsing di internet, Hadyan itu memiliki arti ‘berpangkat tinggi’. Nama hadyan itu berasal dari bahasa Kawi. Sedangkan Praharsa mempunyai arti ‘ sangat gembira’ yang berasal dari bahasa Sansakerta. Hahahha saya pertama kali tau artinya sih langsung nyegir-nyegir sendiri kayak kuda. Kalau Muhammad ya itu udah cukup umum lah ya artinya apa, yang di ambil dari nama Rasullullah SAW. Tapi, arti dari nama saya itu belum tentu yang dimaksud dari kedua orang tua saya yang telah memberikan nama tersebut kepada saya. Mungkin nanti saya coba tanyain ke mereka aja kali ya.

Nah, selain itu, saya juga mau cerita sedikit nih tentang nama saya dan juga nama-nama anggota di keluarga saya, begitu juga asal usul nama tersebut. Di inget-inget nih nama-nama yang bakal keluar. Ntar ada teka-tekinya lho hahaha. Di keluarga saya, saya biasa dipanggil dengan ‘Iyan’. Saya adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara. Ayah saya namanya Sabdo Trihidayat, yang biasa dipanggil Dody. Ibu saya namanya Maulina, panggilannya Lily. Teruusss, kakak saya namanya Muhammad Sandy Nandiwardhana, yang biasa dipanggil Sandy. Dan yang terakhir adik saya bernama Maudy Putri Anindita alias Maudy. Nah, ada yang aneh ngga tuh dari nama panggilan yang tadi-tadi? Ada yang nemu ngga dimana yang aneh atau bedanya????    Ah lama, langsung aja deh dikasih tau mana yang beda, yaitu nama gueeeee sendiri yang bedaa… papa dipanggil DODY, mama LILY, kakak SANDY, adek MAUDY, dan aku IYAN…. Semuanya punya akhiran yang sama, yang kalo dibaca sih jadinya “i”. Cuma aku sendiri yang “i”nya di depan… hahahah kasian deh.

Terus ada lagi brooo… bukan cuma itu doang yang aneh. Nih ya, nama Sandy (kakak saya) punya kepanjangan lagi ternyata, yaitu “Sabdo Lily” disingkat jadinya Sandy. Terus kalau Maudy (siapa hayooo?) juga punya kepanjangan yaitu “Maulina Dody”. Nah terus sekarang saatnya kita kuiissssss!!! Apa kepanjangan dari nama saya (Iyan)?? Dan jawabannya yaitu…… ngga ada kepanjangannya. (titik) –TAMAT-       hahaha ngga deng. Belum tamat kok. Tapi serius ngga ada kepanjangannya nama itu brooo. Saya udah nanya langsung ke orang tua saya apa kepanjangan dari nama saya ini. Tapi mereka sendiri juga bingung kepanjangannya apaan… hahahahah mereka juga ngga tau tuh kepanjangannya hahahha. Kasian deh aku… hiks 😦

Hmm untuk sesaat dan beberapa saat, saya pernah kepikiran kalo saya itu adalah anak pungut!  O M G. hahaha lebay banget, tapi beneran ituu. Tapi saya coba untuk tidak berfikir negative, dan menjadi berfikir positif. Kalo dipikir-pikir lagi yaaa.. nama gw itu adalah terusan dari nama sisa keluarga sayaaa… aaaaaa senangnyaaa 🙂 . Saya kepikiran kayak gitu soalnya semuanya punya akhiran yang berbunyi ‘I’ . sedangkan saya punya awalan ‘I’. nah kalo gitu bisa kan dibilang kalo saya ini terusannya dari mereka-mereka semua. Contoh: Dod(iy)an, Lil(iy)an, Sand(iy)an, dan Maud(iy)an. Hahaha tulisannya aneh, tapi pokoknya kalo sibut, nyambung deh tu nama-namanyaaa. Nah, setelah kepikiran kayak gitu, baru deh saya ngga pernah mikir yang aneh-aneh lagi tentang keluarga saya dan keberadaan saya hehehe 🙂

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.